Medan Mulai Berkabut

Medan Mulai Berkabut

medanoke.com-Medan, Suasana kota Medan yang mulai berkabut membuat warga resah. Adanya kebakaran di hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau, membuat dugaan asap kirimin mulai masuk. Khususnya untuk pagi dan sore hari jarak pandang akibat hal ini cukup pendek.

Namun Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) wilayah I Medan mengklaim kabut yang terjadi di Kota Medan hari ini bukan karena asap kiriman dari Karhutla yang terjadi di Provinsi Riau. Melainkan efek dari kelembapan udara yang tinggi sehingga uap air cukup banyak di udara.

“Kondisi ini karena hujan sepanjang hari di Kota Medan. Suhu masih rendah dan kelembapan cukup tinggi. Yang pasti belum ada asap dari Karhutla di Riau masuk ke Kota Medan,” ujar prakirawan BBMKG Wilayah 1 Medan, Martha Manurung, Selasa (17/9).

Pihak BBMKG menurut Martha terus memantau berbagai perkembangan yang terjadi seputar potensi asap. Salah satunya yakni dengan memantau titik api atau hotspot.

Khusus untuk hari ini, mereka mengidentifikasi beberapa titik api di kawasan Padang Lawas Utara, Kecamatan Padang Bolak.

Mereka juga mengimbau untuk mengantisipasi potensi kebakaran hutan di beberapa daerah lain seperti di Kawasan Padang Lawas Utara, Padang Lawas bagian Selatan, Labuhanbatu Selatan.

BBMKG juga mengimbau untuk mengantisipasi potensi kebakaran hutan di beberapa daerah lain seperti di Kawasan Padanglawas Utara, Padanglawas bagian Selatan dan Labuhanbatu Selatan.

Selain soal potensi kebakaran hutan, pada beberapa wilayah lain, BBMKG juga mengimbau waspada terhadap cuaca ekstrim seperti hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang.

“Khusus di Medan, kami mengimbau warga untuk waspada akan genangan air, atau bahkan banjir yang disebabkan hujan lebat disertai petir dan angin kencang,” bebernya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *