Sarang Tawon Sebesar Bola Basket Dievakuasi PMK

Damkar Evakuasi Sarang Tawon di Pohon Mangga Kelurahan Gedung Johor

medanoke.com-Medan, Petugas Pemadam Kebakaran mengevakuasi sarang tawon jenis ndas atau nama latin Vespa Affinis di sebuah pohon mangga yang ditanam di pekarangan kantor Kelurahan Gedung Johor, Rabu (18/9/2019) pada pukul 23.30 Wib. Sarang tawon itu berukuran sekitar 50 cm. Bahkan serangga jenis ini dinilai sangat beracun dan berbahaya.

Petugas damkar, Panah Simamora, mengatakan, jika pihaknya mendapat pengaduan dari masyarakat melalui medsos untuk segera mengevakuasi sarang yang juga berdekatan dengan sekolah Paud di kantor Kelurahan tersebut.

“Kita dapat informasi langsung bergerak. Agar masyarakat tidak menjadi korban penyerangan  tawon yang tergolong berbahaya ini. Apalagi ada anak-anak Paud besok pagi bersekolah. Dan sarang tepat di pekarangan mereka,”ujar Panah.

“Ukuran sarang tawon lumayan meski tidak terlalu besar.  Ya sebesar bola basket, tapi sebelumnya kami sudah pernah menangani yang sebesar galon air. Jadi ini ukuran sedang,” ucapnya.

Selama ini warga tidak ada yang mengetahui keberadaan sarang tawon itu. Selama ini juga tidak ada gangguan dari tawon tersebut.

Proses evakuasi berlangsung 30 menit. Petugas menggunakan forklift untuk mengevakuasi sarang tawon itu karena pohon cukup tinggi.

“Kami disini menggunakan unit pompa dengan tujuan berjaga-jaga dari hal yang tidak diinginkan, mengingat pemusnahan dengan cara dibakar, fire stick, untuk menjangkau sarang tawon yang berada di atas ketinggian 8 meter,” ujar Panah kembali.

Menurutnya sebelum evakuasi, pihaknya juga sudah menghimbau masyarakat agar memadamkan lampu agar Tawon tidak berpindah ketika dievakuasi. 

“Karena kalau dia ada cahaya dia akan langsung berpindah ke yang terang dan kembali membuat sarang yang baru. Jadi kita tuntaskan agar tidak terulang kembali,”tambah Panah, sambil mengatakan jika serangga ini termasuk golongan predator atau penyerang yang bisa sangat berbahaya bagi anak-anak.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *