Kabut Asap Kepung Kota Medan

Medanoke.com-Medan, Kabut asap yang terjadi akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau, diduga telah sampai ke kota Medan. Pasalnya, hampir seluruh kawasan kota Medan telah diselimuti asap putih pekat yang membuat udara terasa gerah dan panas.

Hal ini seperti pantauan medanoke.com di beberapa tempat di kawasan Medan. Dimana salah satunya di Lapangan Merdeka Medan, di tengah kegiatan Fun Walk yang diadakan pemerintah Kota Medan, asap pekat tampak menghalangi pandangan dan mengganggu pernafasan. Namun, meski demikian masyarakat tetap melakukan aktivitas seperti biasanya.

Pantauan asap ini masih berbeda dengan yang telah disampaikan oleh Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) wilayah I Medan yang mengklaim kabut yang terjadi di Kota Medan bukan karena asap kiriman dari Karhutla. Melainkan efek dari kelembaban udara yang tinggi sehingga uap air cukup banyak di udara.

“Kondisi ini karena hujan sepanjang hari di Kota Medan. Suhu masih rendah dan kelembaban cukup tinggi. Yang pasti belum ada asap dari Karhutla di Riau masuk ke Kota Medan,” ujar prakirawan BMKG Wilayah 1 Medan, Martha Manurung, Selasa (17/9).

Meski demikian, masyarakat Medan terlihat mulai mengenakan masker dan meyakini jika Medan sudah terkena kabut Asap kiriman. “Gimana ini dibilang udara tebal, karena hujan. Semua sudah gelap berkabut makanya kami mengenakan masker,”ujar salah satu pengguna Jalan Irma. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *