Kiat Kesehatan Wanita untuk Jantung, Pikiran, dan Tubuh

Medanoke.com – Mencari jalan menuju Anda yang lebih sehat? Tidak sulit ditemukan. Perjalanan dimulai dengan beberapa penyesuaian sederhana untuk gaya hidup Anda. Diet yang tepat , olahraga , dan rencana menghilangkan stres semua memainkan peran besar.

Ikuti Diet Jantung Sehat

Ada resep mudah jika tujuan Anda adalah menghindari masalah seperti penyakit jantung dan stroke. Makan lebih banyak buah dan sayuran. Pilih biji-bijian utuh. Cobalah nasi merah, bukan putih. Beralih ke pasta gandum. Pilih protein tanpa lemak seperti unggas, ikan, kacang-kacangan. Kurangi makanan olahan, gula, garam, dan lemak jenuh.

Ketika makan sehat, fleksibilitas seringkali paling berhasil, kata Joyce Meng, MD, asisten profesor di Pat dan Jim Calhoun Cardiology Center di UConn Health. Jika Anda suka mengikuti rencana diet ketat, lakukan saja. Jika tidak, tidak apa-apa. “Temukan apa yang sesuai untuk kamu.”

Tricia Montgomery, 52, pendiri K9 Fit Club, tahu secara langsung bagaimana diet dan gaya hidup yang tepat dapat membantu. Baginya, memilih makanan sehat dan merencanakan makanan kecil bagus baginya. “Aku tidak menyangkal. Aku punya makanan penutup, pai jeruk nipis, yum!,”ujarnya. 

Latihan setiap hari

ilustrasi

Semakin aktif Anda, semakin baik. Olahraga meningkatkan kesehatan jantung, membangun kekuatan otot dan tulang, dan menangkal masalah kesehatan. Usahakan aktivitas moderat selama 2 setengah jam, seperti jalan cepat atau menari, setiap minggu. Jika Anda baik-baik saja dengan olahraga keras, lakukan hal-hal seperti berlari atau bermain tenis selama 1 jam 15 menit seminggu . Tambahkan beberapa hari latihan kekuatan juga.

Jika Anda sibuk, cobalah aktivitas singkat sepanjang hari. Sering berjalan. Target yang baik adalah 10.000 langkah sehari. Naik tangga. Parkirkan mobil Anda jauh dari tujuan Anda.

Montgomery berolahraga setiap hari, sering dengan anjingnya. Dengan menambahkan lunges, squat, dan tangga ke jalan, dia mengubahnya menjadi latihan kekuatan. “Saya juga penggemar berat Pilates,” katanya.

Menurunkan berat badan

ilustrasi

Ketika Anda menurunkan berat badan, Anda akan menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan kanker. Bertujuan untuk penurunan yang lambat dan stabil. Cobalah untuk kehilangan 1-2 pon seminggu dengan menjadi aktif dan makan lebih baik.

“Tidak harus menjadi satu jam latihan intensif setiap hari. Sedikit membantu,” kata Meng.

Saat Anda meningkatkan waktu Anda berolahraga. Jika Anda ingin menurunkan berat badan lebih banyak lagi, cobalah berolahraga selama 300 menit seminggu.

“Makan makanan yang sehat akan sangat bermanfaat,” kata Meng. Mulailah dengan memakan makanan mengandung gula, yang katanya sering bersembunyi di toko seperti salad dressing, roti kemasan, dan kacang-kacangan. Cobalah untuk menghindari minuman bersoda dan soda juga.

Kunjungi Dokter Anda

Dapatkan pemeriksaan rutin. Dokter Anda melacak riwayat medis Anda dan dapat membantu Anda tetap sehat. Misalnya, jika Anda berisiko terkena osteoporosis, suatu kondisi yang melemahkan tulang, ia mungkin ingin Anda mendapatkan lebih banyak kalsium dan vitamin D.

ilustrasi

Dokter Anda dapat merekomendasikan tes skrining untuk mengawasi kesehatan Anda dan mengetahui lebih awal kondisi ketika mereka lebih mudah untuk diobati.

Biarkan jalur komunikasi tetap terbuka. “Jika Anda memiliki pertanyaan, tanyakan kepada dokter Anda,” kata Meng. “Pastikan kamu memahami hal-hal untuk kepuasanmu.” Jika Anda khawatir tentang pengobatan atau prosedur, bicarakan dengannya tentang hal itu.

Kurangi Stres Anda

Ini dapat merugikan kesehatan Anda. Anda mungkin tidak bisa menghindarinya sama sekali, tetapi Anda dapat menemukan cara untuk mengurangi dampaknya. Jangan mengambil terlalu banyak. Cobalah untuk menetapkan batasan dengan diri sendiri dan orang lain. Boleh saja mengatakan tidak.

Untuk menghilangkan stres, cobalah:
Napas dalam-dalam

Meditasi

Yoga

Pijat

Olahraga

Makan sehat

Berbicara dengan teman, anggota keluarga, atau penasihat profesional. Ciptakan Kebiasaan Sehat dengan Anda membuat pilihan yang tepat hari ini dan tentunya Anda bisa menangkal masalah besok.

Sikat gigi Anda dua kali sehari dan benang setiap hari, jangan merokok. Hindari minuman beralkohol. Jika Anda memiliki obat, minum persis seperti yang diresepkan dokter. Perbaiki tidur Anda. Bidik selama 8 jam. Jika Anda kesulitan menutup mata, bicarakan dengan dokter Anda.

Gunakan tabir surya dan jauhi sinar matahari dari jam 10 pagi sampai jam 3 sore. Kenakan sabuk pengaman Anda. Luangkan waktu setiap hari untuk berinvestasi dalam kesehatan Anda.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *