Brexit Sudah Mempengaruhi Bisnis Inggris – Begini caranya

Brexit Sudah Mempengaruhi Bisnis Inggris – Begini caranya

Medanoke.com, Kebanyakan “kejutan ketidakpastian” sepanjang sejarah – seperti serangan 9/11, guncangan harga minyak OPEC 1973, atau pembunuhan Presiden John F. Kennedy – menimbulkan gelombang ketidakpastian yang mereda dengan cepat. Pasar belajar tentang apa yang telah terjadi dan biasanya mendapatkan kepercayaan lebih dari waktu ke waktu.

Brexit berbeda. Ini dimulai dengan lompatan tajam dalam ketidakpastian setelah Inggris memutuskan untuk meninggalkan Uni Eropa pada Juni 2016. Ketidakpastian itu telah berlanjut, dan seiring dengan berlalunya waktu tanpa kesepakatan tentang syarat penarikan Inggris, perusahaan menjadi lebih tidak pasti tentang apakah suatu kesepakatan akan terjadi sama sekali, apa syarat-syarat kesepakatan itu, dan apakah akan ada referendum publik kedua. Paralel historis yang paling jelas yang menyebabkan periode ketidakpastian yang panjang adalah Depresi Hebat, yang dimulai dengan jatuhnya pasar saham tahun 1929 dan menghasilkan ketidakpastian yang berlanjut hingga tahun 1932.

Brexit pada dasarnya juga merupakan kejutan politik versus kejutan ekonomi, dan sebagian besar tidak terduga. Seperti yang telah dibahas secara luas, dalam minggu-minggu menjelang pemilihan, peluang taruhan menyarankan bahwa kemungkinan Brexit rata-rata hanya sekitar 30% dan tidak pernah lebih tinggi dari 40% (Bell (2016)).

Cara ketiga Brexit adalah jenis kejutan ketidakpastian yang tidak biasa adalah bahwa ada banyak faktor yang tidak diketahui yang sulit untuk diukur oleh bisnis. Misalnya ada ketidakpastian mengenai ketentuan-ketentuan di mana Inggris akan meninggalkan UE, seperti apa hubungan jangka panjang Inggris dengan UE, seperti bagaimana Inggris akan beralih ke keadaan akhir ini, apa artinya ini untuk akses pasar, ketersediaan peraturan tenaga kerja dan produk migran dan kemudian apa semua ini akan menyiratkan prospek bisnis individu.

Metrik ketidakpastian yang umum digunakan memberikan pesan yang bertentangan tentang apa yang terjadi pada ketidakpastian sejak referendum UE. Langkah-langkah berbasis laporan media naik ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya sementara ada sedikit peningkatan dalam langkah-langkah lain seperti volatilitas pasar saham. Ini, bersama dengan sifat unik dari kejutan ketidakpastian Brexit, berarti bahwa pendekatan baru mungkin diperlukan.

Untuk membantu lebih memahami ketidakpastian yang diciptakan oleh Brexit, tim kami dari Bank Inggris, Universitas Nottingham, dan Universitas Stanford telah menjalankan Panel Pembuat Keputusan , sebuah survei terhadap sekitar 7.500 eksekutif bisnis di Inggris. Survei mengumpulkan data tentang bagaimana perusahaan mengatakan bahwa mereka dipengaruhi oleh Brexit dan pada variabel seperti penjualan, harga, investasi, dan pekerjaan. Ini berjalan setiap bulan, membantu melacak pandangan bisnis dalam waktu yang hampir bersamaan, dan dapat digunakan untuk membantu menilai dampak Brexit dan ketidakpastian terkait dengan membandingkan kinerja bisnis yang semakin terpengaruh oleh Brexit.