Categories: Kejati Sumut

Pidmil Kejati Sumut Amankan 3 Tsk Dugaan Korupsi Eradikasi Lahan PT PSU

Kerugian Negara Capai Rp 50,4 M

MEDAN-medanoke.com, Bidang Pidana Militer Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Pidmil Kejati Sumut) melakukan penahanan terhadap 3 tersangka perkara koneksitas yang melibatkan sipil dan oknum TNI melakukan dugaan tindak pidana korupsi Kegiatan Eradikasi lahan perkebunan PT Perkebunan Sumatera Utara di Tanjung Kasau Kabupaten Batubara tahun 2019-2020 dengan kerugian keuangan negara sebesar Rp. 50.441.613.822 berdasarkan Laporan Hasil perhitungan Ahli Akuntan Publik.

Hal ini disampaikan Kajati Sumut Idianto, SH, MH didampingi Ka Otmilti Laksma TNI E Masuppey, SH,MH, Kaotmil I Medan Kolonel Laut (KH) Budi Winarno, SH,MH, Dan Pomdam I/BB Kolonel Cpm Zulkarnain, SH, Kakumdam I/BB, Aspidmil Kol. Chk. Makmur Surbakri, SH, MH, Asintel I Made Sudarmawan, SH,MH, Aspidsus Anton Delianto,SH,MH.

Kasi Penkum Kejati Sumut Yos A Tarigan,SH, MH kepada wartawan dalam kegiatan Press Conference di Kantor Kejati Sumut Jalan AH Nasution Medan, Selasa (10/10/23).

Ke 3 tersangka yang diduga terlibat dalam perkara koneksitas ini adalah Ir GZA,MBA (mantan direktur PT PSU), FMB (Wiraswasta) dan dari oknum militer Letkol TNI (Purn) Inf SHT. sedangkan mantan Direktur PT PSU Ir.GZA, MBA sudah terlebih dahulu pada, Rabu (4/10/23) dan diboyong ke Lapas Kelas I Tanjung Gusta Medan.

“Dua tersangka lainnya FMB juga ditahan ke Lapas Tanjung Gusta, selama 20 hari ke depan sejak tanggal 9 Oktober 2023 dan tersangka dari kalangan militer Letkol TNI (Purn) Inf SHT dilakukan penahanan di STAL-TAHMIL (Instalasi Tahanan Militer) POMDAM I/BB Medan,” ungkap Kasi Penkum, Yos A Tarigan.

Kronologis perkara ini terjadi terjadi di 2019 sampai dengan 2020. Eks Dirut PT PSU Ir. GZA dan Ketua Primkop Kartika Karyawan dan Veteran Babinminvetcad Kodam I/BB atas nama Letkol TNI (Purn) Inf SHT dan Direktur PT Kartika Berkah Bersama atas nama FMB mengadakan surat perjanjian kerja yang diterbitkan untuk kegiatan eradikasi lahan perkebunan PT PSU di Tanjung Kasau, Kabupaten Batubara.

“Surat Perjanjian Kerja tersebut hanya modus atau cara untuk mengeruk dan menjual tanah lahan PT PSU ke pembangunan jalan tol melalui vendor-vendor dengan jumlah tanah yang dikeruk sebanyak 2.980.092 m3. Berdasarkan perhitungan Ahli Akuntan dengan rincian 2.980.092 m3 x Rp 17.500/m3 = Rp 52.151.610.000 dari total ini PT PSU mendapatkan uang sebesar Rp1.710.004.000 untuk pembayaran kegiatan Tanah Disporsal sehingga PT PSU mengalami kerugian Rp 50.441.613.822,” paparnya.

Kajati Sumut, Idianto SH MH menyatakan para tersangka dijerat dengan primair pasal 2 ayat (1), subsidair Pasal 3 jo pasal 18 Undang-Undang No. 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dalam Undang-Undang No.21 Tahun 2001 tentang perubahan atas UU No. 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 Ayat (1) Ke-1 KUHP.

Penahanan ini terpaksa dilakukan oleh Tim Penyidik Koneksitas, karena dikhawatirkan tersangka akan menghilangkan barang bukti, tersangka melarikan diri dan dikhawatirkan tersangka akan mengulangi perbuatannya. (aSp)

redaksi

jurnalistik yang jujur anti hoax & Fitnah, Berimbang & tepat sasaran menuju Era informasi damai dengan Solusi

Recent Posts

Misteri Narkoba Alm Briptu S, Masih Belum Terpecahkan… Kombes Pol Hadi Wahyudi SH SIK : Polisi Harus Detail Mengurainya

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi SH SIK. (istimewa) www.medanoke.com - MEDAN |…

10 jam ago

Polisi Berhasil Ungkap & Ciduk 3 Pelaku Pembunuhan di Pasar Induk Lau Cih

Kapolsek Medan Tuntungan, Iptu Christin M Simanjuntak SH didampingi Kanit Reskrim, Ipda Elias Karo-karo, saat…

3 hari ago

Penetapan Tersangka Diduga Tidak Sah, Polres Serdang Bedagai Di-Prapid-kan

DR. Ali Yusran Gea, SH, M.Kn, MH & Partner SERDANG BEDAGAI-medanoke.com,Ditetapkan sebagai Tersangka dalam perkara…

3 hari ago

Bakar Pohon Besar di Jalan DI Panjaitan Medan, OTK Dihujat Warga

Pohon yang terbakar di Jalan DI Panjaitan, Medan. (Jhonson Siahaan) www.medanoke.com - MEDAN | Suasana…

4 hari ago

Diduga Ugal-ugalan, Porsche Putih Tabrak Mobil Parkir, Warung & Kantor Polisi

Mobil Porsche warna putih yang menabrak kantor polisi Sat Samapta Polrestabes Medan, Jalan Putri Hijau,…

4 hari ago

Edy Rahmayadi Daftar ke Partai Perindo Hadapi Pilkada Sumut 2024

MEDAN-medanoke.com, Gubernur Sumatera Utara ke 18, Edy Rahmayadi mendatangi kantor DPW Perindo Sumut, Jl. Cut…

4 hari ago

This website uses cookies.