Manfaat Baik Puasa Bagi Penderita Penyakit Jantung dan Hipertensi

Manfaat Baik Puasa Bagi Penderita Penyakit Jantung dan Hipertensi

Medanoke.com – Jakarta, Banyak orang yang menantikan momen puasa agar dapat sahur dan berbuka bersama dengan keluarga. Ibadah yang dilakukan selama satu bulan ini disebut-sebut banyak membawa dampak baik dari segi fisik maupun mental. Keharusan menahan lapar dan haus selama beberapa jam tersebut ternyata juga berdampak baik bagi tekanan darah.

Hipertensi atau disebut dengan tekanan darah tinggi disebabkan oleh kondisi aliran darah yang cukup tinggi terhadap dinding arteri. Gangguan ini dapat menyebabkan seseorang mengidap serangan jantung apabila tidak segera diatasi. Namun, bagaimana cara puasa dapat memberi manfaat pada pengidap hipertensi?

Sementara diperlukan kondisi tubuh yang prima agar ibadah puasa dapat berjalan dengan lancar. Namun, munculnya pandemi virus corona membuat kebiasaan puasa pun menjadi berubah. Hal ini tentu berdampak pada berjalannya ibadah puasa.

Bagi para penderita penyakit jantung dan hipertensi merasa khawatir ketika menjalani ibadah puasa. Khawatir akan kondisi kesehatan yang memburuk selama ibadah puasa.

Namun hal ini ditampik oleh dr. David Dwi Ariwibowo, Sp.JP yang menuturkan bahwa puasa Ramadan tidak berpengaruh bermakna pada fungsi organ individu. Justru memberikan sejumlah manfaat pada penderita jantung dan hipertensi.

“Puasa Ramadan memiliki pola intermit yang pasti. Tidak 24 jam penuh sehingga tidak berpengaruh bermakna terhadap fungsi organ pada individu sehat,” ungkap dr. David Dwi Ariwibowo, Sp.JP.

Manfaat Puasa Untuk Pengidap Hipertensi

Hipertensi disebut-sebut sebagai ‘silent killer’ karena pengidapnya mungkin tidak menyadarinya. Pasalnya, penyakit ini tidak menimbulkan gejala apa pun selama bertahun-tahun. Hal ini dapat terjadi hingga pengidapnya mengalami gejala yang ringan, seperti sakit kepala, hingga mengidap gejala yang berat seperti gangguan pada jantung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *