Aplikasi Zoom Meningkat Tajam Sejak Pandemi Covid 19

Aplikasi Zoom Meningkat Tajam Sejak Pandemi Covid 19

Pengguna Ragukan Kerahasiaan

Medanoke.com, Sejak pandemi virus Covid 19 merebak, pengguna aplikasi Zoom meningkat tajam. Sebab, banyak perusahaan terutama startup melaksanakan rapat online melalui video conference. Aplikasi zoom mengalami lonjakan penggunaan sepanjang Maret 2020, namun lonjakan penggunaan diikuti oleh keraguan dari beberapa kalangan terkait keamanan Zoom.

Lonjakan pengguna Zoom terjadi, setelah banyak negara menerapkan karantina wilayah (lockdown) dan pembatasan fisik (physical distancing) akibat pandemi corona. Akibat pembatasan ruang gerak, banyak perusahaan kemudian menerapkan sistem bekerja di rumah atau work from home dan menjalani rapat atau aktivitas pertemuan lain dengan Zoom. Mengutip Reuters, Kamis (2/4), pada Desember 2019 pengguna aplikasi Zoom secara global tercatat hanya mencapai 10 juta pengguna harian. Jumlah itu kemudian melonjak pada Maret 2020 menjadi 200 juta pengguna harian.

“Kami menempatkan pertumbuhan ini dibanding Desember 2019 dengan jumlah maksimum peserta rapat harian, baik gratis maupun berbayar hanya ada 10 juta,” kata pendiri sekaligus CEO Zoom Eric Yuan, dalam sebuah surat dikutip Reuters, Kamis (2/4).
Dalam beberapa pekan terakhir, Zoom juga telah digunakan lebih dari 90.000 institusi pendidikan, untuk melakukan aktivitas belajar-mengajar secara daring (online), di 20 negara.

Berdasarkan analisis JP Morgan, jumlah pengguna aktif harian Zoom mengalami peningkatan 378% secara tahunan (year on year/yoy) pada Maret 2020. Sedangkan, berdasarkan data Apptopia, pengguna aktif bulanan Zoom tercatat melonjak 186%.

Namun, yang menjadi pertanyaan sudah amankah aplikasi zoom untuk menjaga kerahasiaan data. Diperkirakan Zoom akan mulai meningkatkan kualitas.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *