Bermain Piano Dapat Tingkatkan Ini

Bermain Piano Dapat Tingkatkan Ini

Medanoke.com, Bagi anda yang ingin merilekskan diri sebagian orang akan memutar musik terutama nada yang keluar dari alat musik piano. Rasa tenang dan nyaman timbul ketika ketukan nada piano berhasil menyatu membentuk nada musik yang indah. Nah, untuk yang tidak hanya ingin mendengar namun juga ingin langsung memainkan alat musiknya ternyata juga memiliki banyak manfaat lo.

Salah satu alasan memainkan Piano, bisa mengembangkan sisi artistik otak. Piano berbeda dari alat musik lain karena kita dilatih untuk memainkan 10 jari sekaligus dan menghasilkan 10 nada pada saat yang bersamaan.

Pada kebanyakan orang, mereka memiliki kedalaman sulkus sentral otak di satu sisi, entah kanan atau kiri. Ini akan menentukan tangan mana yang lebih dominan. Sementara, pianis memiliki sulkus sentral yang lebih simetris dan seimbang, ujar laman Mic.

Selain itu, pianis juga memiliki kreativitas dan imajinasi yang lebih besar dari orang lain. Pianis juga mempunyai kemampuan memecahkan masalah, berbahasa, mengambil keputusan, spontanitas, dan perilaku sosial yang lebih baik.

Bahkan bagi anda yang sedang belajar Piano juga tidak ada kata terlambat karena keterkaitan antara belajar piano dengan mengembangkan daya ingat? Belajar bermain piano berarti belajar kosakata baru, yakni kosakata musik, dan harus mengingat hal-hal baru yang mirip dengan belajar bahasa asing, tutur laman London Piano Institute.

Selain itu, belajar piano bisa merangsang, menstimulasi, dan mengaktifkan otak. Area di otak yang bertanggung jawab untuk penyimpanan informasi audio akan lebih berkembang di musisi daripada nonmusisi, jelas laman Flowkey. Jadi, ketika kita bermain piano, kemampuan menghafal informasi audio meningkat, apalagi jika kita sering berlatih.

Dan jika merasa stres atau suntuk? Coba bermain piano aja! Saat kita bermain piano, kompleksitas pembelajaran memaksa kita untuk fokus, ungkap laman London Piano Institute. Bermain piano juga bisa membawa kita ke dimensi lain dan melepaskan penat yang membebani kita.

Selain itu, saat bermain piano kita akan fokus pada ritme, nada, tempo, durasi, dan hal-hal lainnya, jelas laman Flowkey. Dengan bermain piano, area di otak akan diaktifkan dan kita akan berkonsentrasi penuh sehingga tidak sempat untuk overthinking dan memikirkan hal-hal yang negatif.

Menurut laman Merriam Music, beberapa lagu yang mudah dimainkan oleh pianis pemula adalah “Let It Be” dari The Beatles, “All of Me” dari John Legend, “Marry You” dari Bruno Mars, atau “The Forgotten” dari Green Day.

Setelahnya, jika sudah lancar, jangan lupa abadikan dengan video dan unggah ke sosial media, ya! Ini bisa menambah kepercayaan dirimu untuk mempelajari lagu-lagu yang lebih rumit atau menciptakan lagu sendiri nanti!

Jangan berpikir kalau kita bisa menguasai piano dalam waktu singkat. Butuh kedisiplinan tinggi, kerja keras, dan ketekunan untuk berlatih supaya bisa menguasainya, tutur laman Flowkey. Bahkan, ada yang mulai belajar sejak kecil dan mendedikasikan waktu serta tenaganya untuk mempelajari piano.

Menurut saran dari laman Joshua Ross Piano, kita perlu berlatih piano sekitar 30 menit sampai 4 jam per hari. Latihan harus dilakukan setiap hari karena kursus seminggu sekali tidak cukup untuk membuatmu mahir.

Tak sedikit yang akhirnya menyerah di tengah jalan dan menjadi pianis yang biasa-biasa saja. Kesuksesan pianis berasal dari mental yang kuat dan niat yang kokoh untuk mempelajari materi baru setiap harinya. Lambat laun, sifat disiplin ini akan tertanam dan memengaruhi keseharian kita.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *